Scroll untuk baca artikel
Otomotif

Korban Penipuan Tiket Bus Palsu Terus Bertambah, Boss PO SAN Kasih Tips Ini!

Avatar
8
×

Korban Penipuan Tiket Bus Palsu Terus Bertambah, Boss PO SAN Kasih Tips Ini!

Share this article
korban-penipuan-tiket-bus-palsu-terus-bertambah,-boss-po-san-kasih-tips-ini!
Korban Penipuan Tiket Bus Palsu Terus Bertambah, Boss PO SAN Kasih Tips Ini!

PO SAN menerima 20 kali laporan penipuan dengan total kerugian sebesar Rp15 juta lebih. Penumpang membeli tiket bus palsu yang mirip dengan tiket resmi PO. SAN.

Aksi penipuan tiket bus palsu yang menyasar korbannya dengan menyebar nomor telepon di Google Review dan media sosial semakin merajalela. Akibatnya, banyak calon penumpang gagal berangkat dan harus merugi karena sudah terlanjur beli tiket bus palsu.

Example 300x600

Aksi ini tentu tidak hanya merugikan calon penumpang saja, nama baik PO bus pun tercoreng karena namanya dicatut. Sehingga merusak kepercayaan masyarakat yang hendak menggunakan bus.

Di Google Review maupun di media sosial oknum penipu menyebar nomor di situ, korban yang merupakan calon penumpang menghubungi nomor tersebut yang bukan nomor agen resmi PO Bus. Para korban tidak mengecek kembali nomor telepon yang mereka dapatkan dari si oknum penipu padahal nomor kontak tersebut kebenarannya masih diragukan,” ujar Direktur Utama PT SAN Putra Sejahtera (PO. SAN) Kurnia Lesani Adnan yang juga Ketua Umum Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), di Jakarta, hari Selasa (9/7/2024).

Untuk itu, Sani mengimbau kepada calon penumpang untuk pesan tiket di jalur-jalur resmi pemesanan tiket bus agar tidak tertipu.

“Aksi penipuan tiket bus ini berlangsung sejak beberapa tahun lalu, diharapkan semua pihak, masyarakat, pengusaha PO Bus, pemerintah dan pihak-pihak terkait lainnya bersama-sama memberantas agar tidak semakin banyak yang dirugikan, yakni masyarakat, pengusaha PO Bus dan para karyawannya,” imbau Sani. 

Karena menurutnya, jika terus dibiarkan, ini akan merusak kepercayaan masyarakat untuk menggunakan jasa bus sebagai salah satu moda transportasi darat. 

“Pemerintah telah mewajibkan perusahaan otobus (PO) menggunakan sistem tiket elektronik, berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan No. 12 Tahun 2021. Kewajiban tersebut sudah dipenuhi oleh pengusaha otobus. Jadi kami berharap pemerintah harus menyelesaikan masalah penipuan ini secara hukum dengan sangat serius,” tegas Sani.

Upaya PO. SAN Meminimalisir Calon Penumpang Beli Tiket Bus Palsu

Tiket Bus Palsu PO SAN

Sementara itu, Wakil Direktur PO. SAN Kurnia Lesari Adnan (Sari) menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan upaya-upaya untuk mencegah terjadinya penipuan tiket bus. 

Salah satunya dengan menghadirkan aplikasi Buzzit, aplikasi resmi PO. SAN untuk pemesanan tiket. 

Di sosial media nomor telepon resmi PO. SAN juga sudah dicantumkan serta terus berusaha mengedukasi masyarakat atau calon penumpang dengan memberikan peringatan penipuan melalui blast Whatsapp ke nomor para pelanggannya, serta menuliskan peringatan ini di media sosial dan di tiket resmi PO. SAN. 

Upaya lainnya adalah dengan menyediakan tim kuasa hukum yang akan mendampingi calon penumpang korban tiket bus palsu untuk menempuh jalur hukum.

“Korban harus berani melapor ke polisi. Hal ini karena yang bisa melaporkan kasus tersebut adalah korban, bukan operator. Sayang dari banyaknya kejadian ini, jarang sekali para korban mau melakukan upaya hukum, walaupun kami sudah siapkan tim kuasa hukum PO. SAN untuk mendampingi. Sehingga pada akhirnya, kejadian ini seperti dibiarkan saja dan para penipu terus menerus dan leluasa menjalankan aksinya,” pungkasnya. 

Tiket Bus Palsu PO SAN

Tips Menghindari Beli Tiket Bus Palsu

  • Memastikan kembali nomor handphone yang tertera adalah nomor telepon perwakilan resmi PO. SAN.
  • Mengecek daftar nomor telepon perwakilan resmi PO. SAN di website resmi 
  • Pemesanan tiket secara online hanya melalui aplikasi Buzzit
  • Sebelum melakukan pembayaran, pastikan nomor rekening yang tertera atas nama PT. SAN Putra Sejahtera atau nama PIC perwakilan resmi PO. SAN.
  • Setelah melakukan pembayaran, pastikan sudah menerima e-tiket melalui email atau whatsapp.
  • Hubungi Customer Service PO. SAN di nomor 0811 1588 714 untuk memastikan pemesanan tiket bus.

Untuk informasi menarik lain, kamu bisa cek OLX. Untuk akses mudah, download saja aplikasinya di Google Play Store atau App Store.